Kuliah Metode Penelitian di Pascasarjana Manajemen Lingkungan Universitas Pakuan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, September 29

Kuliah Metode Penelitian di Pascasarjana Manajemen Lingkungan Universitas Pakuan

Di postingan ini saya akan berbagi cerita tentang kuliah pertama saya di prodi Manajemen Lingkungan Universitas Pakuan. 

Beberapa hari sebelum kuliah pertama di jurusan, ada sesi kuliah umum dan paparan tentang lingkungan akademik di Universitas Pakuan. Setelah itu dilanjutkan dengan kontrak kuliah.

Kemudian, sesi kuliah minggu ini adalah daring dan luring. Hari senin sesi kuliah metode penelitian oleh Dr. Rita. Pada sesi tersebut mahasiswa kembali diberikan pencerahan tentang metode penelitian.
Pada dasarnya metode penelitian terbagi menjadi metode kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian kuantitatif bertujuan menguji hipotesa dan diperoleh dari analisa alat bantu berupa instrumen penelitian wawancara, angket, kuesioner dll. Maka dari itu penelitian kuantitatif lazim menggunakan data angka dan analisa statistika.

Sementara itu penelitian kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan fenomena di lapangan. Hasil penelitian kualitatif bukan untuk digeneralisir namun lebih ke eksploras mendalam. Oleh karenanya penelitian kuantitatif lebih bersifat subjektif dibanding kuantitatif.

Penelitian kuantitatif lebih menguji variabel suatu fenomena sehingga lazim menggunakan uji statisti korelasi, regresi dll.

Dalam melakukan penelitian seorang mahasisw harus berfikir ilmiah. Syarat ilmiah adalah rasional dan empiris.

Dalam proposal dan laporan hasil penelitian, kerasionalan penelitian tercermin dari Bab I dan Bab II sementara dasar empiris terdapat pada Bab III, IV, V.
Syarat penelitian tesis adalah adanya kebaruan atau novelty dan memiliki nilai manfaat. Kebaruan bukan berarti semua aspek dari mulai judul dan isi, metode harus baru namun bisa jadi judul topik yang diangkat sama tapi lokasi, variabel, metode analisa berbeda maka itu sudah bisa disebut novelty.

Maka dari itu diperlukan kreatifitas mahasiswa dalam mencari gap penelitian. Semakin banyak riset jurnal maka akan semakin tajam mencari gap tersebut.

Selamat mencari gap penelitian, tidak ada yang mudah di hidup ini. Namun semakin tambah tidK mudah dan sulit jika anda tidak bergerak dan diam saja.

Agnas Setiawan, guru geografi blogger
Dosen: Dr. Rita Retnowati

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close