Materi OSN Geografi: Konsep Neo-Determinisme dan Contohnya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, November 28

Materi OSN Geografi: Konsep Neo-Determinisme dan Contohnya

Konsep neo determinisme adalah suatu pandangan dalam ilmu geografi yang mengakui adanya pengaruh lingkungan alam terhadap manusia, namun tetap memberikan penekanan pada peran manusia dalam menentukan nasibnya sendiri. 

Neo determnisme dikemukaan oleh geografer Australia Griffith Taylor. Konsep ini merupakan jalan tengah dari konsep determinisme dan possibilisme.

Manusia dapat mengubah lingkungan melalui berbagai inovasi dan kegiatan atau dapat melakukan semua hal yang tidak mungkin terjadi secara alami di lingkungan. Jadi kita mengikuti aturan lingkungan agar bencana tidak terjadi karena kerakusan manusia.

Dalam konteks ini, neo determinisme mencoba untuk menyeimbangkan antara determinisme yang lebih tradisional yang menekankan pengaruh sepenuhnya dari lingkungan terhadap perkembangan manusia dan pendekatan yang lebih humanistik yang menekankan peran aktif manusia dalam membentuk lingkungan dan peradaban.

Contoh neo determinisme dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan dalam berbagai aspek, seperti:

Pertanian:
Neo determinisme dapat dilihat dalam bagaimana manusia memanfaatkan dan mengelola lingkungan alam untuk pertanian. Meskipun kondisi alam seperti iklim dan tanah membatasi jenis tanaman yang dapat tumbuh, manusia dapat menggunakan teknologi dan praktik pertanian yang cerdas untuk meningkatkan hasil tanaman dan memaksimalkan potensi lingkungan tersebut. Sekarang kita mengenal sistem akuakultur, hidroponik, vertical farming dan lainnya.

Pembangunan Kota:
Dalam pembangunan kota, manusia mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan seperti topografi, iklim, dan sumber daya alam dalam merencanakan dan mengembangkan infrastruktur perkotaan. Namun, keputusan manusia dalam penggunaan lahan, desain arsitektur, dan pengelolaan sumber daya tetap memainkan peran krusial dalam membentuk perkembangan kota. Misalnya untuk menjaga keserasian dan ekosistem kota, kini kota-kota modern mulai membangun gedung dengan konsep hutan di dinding dan atapnya seperti di Singapura.


Manajemen Sumber Daya Alam:
Dalam konteks pengelolaan sumber daya alam seperti hutan, air, dan energi, neo determinisme dapat terlihat melalui upaya manusia untuk menggabungkan pengetahuan ilmiah tentang ekologi dengan kebijakan yang berfokus pada keberlanjutan. Pengelolaan yang bijaksana dapat membantu manusia menjaga keseimbangan ekosistem dan memaksimalkan manfaat sumber daya alam.

Adaptasi terhadap Perubahan Iklim:
Dalam menghadapi perubahan iklim, neo determinisme menekankan bahwa meskipun manusia terpengaruh oleh perubahan iklim yang tak terhindarkan, mereka memiliki kemampuan untuk merancang strategi adaptasi dan mitigasi. Contohnya adalah pembangunan infrastruktur tahan bencana, penyesuaian pola tanam, dan inovasi teknologi yang dapat membantu manusia beradaptasi dengan perubahan iklim.

Dalam semua contoh di atas, meskipun kondisi lingkungan memberikan batasan atau menetapkan kerangka kerja, manusia memiliki peran aktif dalam mengelola, merancang, dan membentuk interaksi mereka dengan lingkungan alam. 

Neo determinisme mengakui bahwa manusia dapat memanfaatkan pengetahuan, teknologi, dan kreativitas mereka untuk mengoptimalkan potensi lingkungan alam, sambil tetap mempertimbangkan dampak dari keputusan mereka terhadap ekosistem global.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close