Sistem Koordinat Geografi: Longitude dan Latitude

- January 20, 2017
Dalam geografi khususnya teknik pemetaan, tentu kita harus mengenal tentang sistem koordinat geografi. Sistem Koordinat Geografi terdiri dari Latitude dan Longitude. Latitude (lintang) dan longitude (bujur) adalah unit yang mewakili koordinat geografi. Sama halnya seperti rumah kita memiliki alamat yang mencakup nomor, nama jalan, kecamatan dll. Setiap titik di permukaan bumi dapat ditentukan  oleh koordinat lintang dan bujur. Oleh sebab itudengan menggunakan garis lintang dan bujur, kita dapat menemukan posisi hampir setipa titik di bumi.

Lintang memiliki symbol phi dan menunjukkan sudut antara garis lurus di titik tertentu dengan bidang ekuator. Lintang ditentukan dalam angka derajat mulai dari 0⁰ dan berakhir dengan 90⁰ . Garis lintang ini membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan selatan. Garis ekuator atau khatulistiwa berada di lintang 0⁰. Garis lintang biasa digunakan untuk melihat penyebaran iklim di bumi.

Longitude atau garis bujur memiliki symbol lamda. Garis bujur ini merupakan garis yang menunjukkan bagian barat dan timur dilihat dari titik pangkal yaitu di Greenwich Meridian. Garis bujur memiliki batas maksimum yaitu 180⁰ ke arah timur dari GMT dan 180⁰ ke arah barat dari GMT. Keduanya bertemu di garis International Date Line di sekitar Pasifik.
Sistem Koordinat Geografi
Baik Lintang maupun Bujur diukur dalam derajat dan dibagi lagi dalam menit dan detik. 1⁰ garis bujur jika diukur lapangan sama dengan 111,32 km. Satuan derajat bisa juga disebut jam sehingga setiap derajat terbagi menjadi 60 menit dan setiap menit terbagi menjadi 60 detik. Dalam penulisan letak astronomis contohnya 60ยบ 23′ 15”S, maka dibaca sebagai 60 derajat 23 menit 15 detik Lintang Selatan. Pada sistem pemetaan internasional huruf U sebagai Lintang Utara diganti dengan huruf N (North). 

Kombinasi antara garis lintang dan garis bujur akan membentuk suatu koordinat lokasi di permukaan bumi dengan sumbu x sebagai garis lintang dan sumbu y sebagai garis bujur dalam koordinat kartesius.

Untuk memahami cara kerja sistem koordinat geografi, banyak tools yang bisa diguakan dan salah satunya adalah Latlong.net. Web tersebut merupakan salah satu tools geografi yang dapat digunakan untuk mencari posisi lintang dan bujur suatu tempat atau mendapatkan koordinat peta. Kamu dapat mencari posisi lokasi-lokasi favorit di web tersebut secara otomatis. Itulah sedikit pengenalan tentang Sistem Koordinat Geografi.
Sumber: http://images.slideplayer.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search