Perbedaan Peta Skala Kecil, Sedang dan Besar

- July 28, 2017
Coba kamu pergi ke perpustakaan atau
toko buku dan tempat lainnya yang ada peta. Jika kamu lihat, peta tidak sama ukurannya (besar kecilnya). Ada peta yang berukuran besar dan ada peta yang berukuran kecil. Besar kecilnya peta ditentukan oleh besar kecilnya skala yang digunakan. Skala adalah perbandingan jarak titik di peta dengan jarak asli di lapangan. Jika kmu melihat peta di keluarahan kamu pasti akan beda dengan peta yang ada di kantor gubernur. 

Baca juga:
Bedanya El Nino dan La Nina
Tipe Iklim Indonesia itu Af

Berdasarkan skalanya, peta dapat diklasifikasikan menjadi 4 jenis yaitu:
1. Peta kadaster adalah peta yang memiliki skala sangat besar yaitu antara 1: 100 sampai 1: 5.000. Peta ini sering digunakan untuk menggambarkan daerah seperti lokasi pertambangan, mengukur sertifikat tanah atau peta desa.
2. Peta skala besar yaitu peta yang memiliki skala 1: 5.000 sampai 1: 250.000. Peta skala besar digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relatif sempit contohnya peta kelurahan.
3. Peta skala sedang adalah peta yang punya skala antara 1: 250.000 sampai 1: 500.000. Peta ini sering digunakan pada peta propinsi.
4. Peta skala kecil atau geografis adalah peta yang punya skala diatas 1: 500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan negara atau peta dunia.

Semakin besar skala peta maka daerah yang ditampilkan semakin sempit tapi detail. Semakin kecil skala peta maka daerah yang ditampilkan semakin luas namun tidak detail. Untuk memahami tentang konsep skala peta, coba lihat gambar di bawah ini. 
Baca juga: Aspek geografi dan penjelasannya
Perbandingan skala peta
Coba lihat, semakin kecil skala peta maka angka penyebut skala akan semakin besar dan semakin besar skala peta maka penyebut skala semakin kecil angkanya. Untuk mengetahui teknik memperbesar dan memperkecil peta, silahkan lihat artikelnya berikut Baca juga: Cara memperbesar dan memperkecil peta.
Gambar: disini

INFO HOT!
Masih bingung cari bimbel murah tapi berkualitas?. Yuk gabung di Quipper Video! Dapatkan kode diskon 40% dari saya. Cek di video ini. 

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search