Aliran Energi Dalam Ekosistem

- September 19, 2017
Kamu tahu kan tentag piramida di Mesir yang bentuknya segitiga itu?. Lalu apa kaitannya dengan Piramida Energi yang ada di postingan ini?. Sebelum measuk ke mekanisme piramida energi saya akan kasih sedikit pendahuluan dulu. Tahu tidak kalau selama ini kita hidup dengan energi yang ditransfer matahari hingga sampai ke tubuh kita?. Artinya kita punya energi matahari gitu?. Sekilas memang begitu benar adanya.

Saat mahluk hidup atau organisme memakan mahluk hidup lainnya maka energi akan dipindahkan. Sebuah piramida energi dapat digunakan untuk melihat aliran energi di kehidupan ini.

Definisi Piramida Energi
Saat kita membayangkan tentang rantai makanan atau jaring makanan maka kita biasa membayangkan seekor singa memangsa zebra atau ular memangsa kodok di sawah. Kita membayangkan satu organisme dimakan organisme lain dan memunculkan karnivora berada di puncak rantai makanan. Meksipun hal ini menunjukkan hubungan ekologi antar organisme namun tidak dapat menunjukkan aliran energi melali ekosistem.

Disinilah piramida energi berguna untuk mengukur transfer energi dari satu organisme ke organisme lainnya pada suatu rantai makanan. Energi akan berkurang saat kamu bergerak melalui tingkat torfik dari bawah menuju atas piramida.

Jadi kita bisa menggarisbawahi bahwa diagram piramida energi adalah transfer energi melalui rantai makanan. Lalu darimana asalah energi tersebut dan bagaimana bisa sampai ke tubuh kita?.
Tingkatan Piramida Energi Dalam Kehidupan
Transfer energi dalam ekosistem
1. Energi dimulai dari matahari
2. Tanaman menghasilkan energi metabolik lewat fotosintesis dimana sekitar 10% energinya tersimpan dalam jaringan mereka dan menjadi sumber makanan bagi herbivora. Sisa energi matahari digunakan oleh tanaman dalam proses metabolisme lalu hilang sebagai panas atua limbah.
3. Dari jumlah 10% energi yang dikonsumsi herbivora hanya 10% yang disimpan di jaringannya untuk dimakan oleh karnivora. Sama seperti tanaman, 90% energi metabolik lainnya digunakan herbivora untuk fungsi lain, kehilangan panas dan limbah.
4. Proses ini berlanjut sampai setiap karnivora dibawahnya hanya mewarisi 10% energi dari tingkat sebelumnya.
5. Pada saat energi matahari asli mencapi puncak piramida, hanay 0,1% energi yang dikonsumsi oelh predator teratas sisanya hilang oleh proses metabolisme.
6. Dekomposer seperti bakteri, cacing dan jamur mendapatkan sedikit energi dari mahluk hidup yang mati.

Jadi begitulah kira-kira tingkatan alur perpindahan energi matahari hingga sampai ke tubuh kita. Jadi energi kita adalah energi matahari dan tidak ada alasan untuk tidak produktif. Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search