Mengatasi Blog Sepi Visitor Seperti Rumah Hantu - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Desember 2

Mengatasi Blog Sepi Visitor Seperti Rumah Hantu

Halo teman-teman, apa kabarnya hari ini?. Semoga senantiasa sehat dan terus berkarya. Kali ini saya sedikit bicara tentang mengatasi blog yang sepi pengunjung seperti gua. 

Saat ini banyak sekali orang terjun ke dunia blogging atau vlogging, namun hanya beberapa yang konsisten dan kebanyakan menyerah di tengah jalan karena blognya sepi pengunjung. 

Padahal syarat utama meraih kesuksesan di dunia blogging adalah visitor. Meraih kesuksesan bagi seorang blogger tidaklah mudah, perlu waktu. Baca juga: Memahami bounce rate blog

Banyak sekali blogger pemula yang membaca blog lain sukses lantas ketika ia membuat blog pertamakali akan mengharap langsung melesat. Ini salah kaprah, tidak ada prinsip seperti ini. 

Mindset blogger haruslah tertanam dulu agar tidak sesat di tengah jalan dan frustasi. Inilah beberapa tips untuk mengatasi blog yang sepi visitor.
Mengatasi Blog Sepi Visitor Seperti Rumah Hantu
Visitor jeblok, jangan kuatir dan keep blogging
1. Jangan Menyerah
Pertama jika blog anda sepi visitor adalah jangan menyerah. Ingat tidak ada langkah seribu tanpa langkah pertama. Niatkan anda memang ingin menjadi seorang  blogger sejati dan ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat. 

Ingat sesuatu hal yang bermanfaat bagi orang lain pasti akan dicari, orang akan datang dengan sendirinya ke blog anda. Sama halnya seperti toko, jika barangnya disenangi orang maka pelanggan akan datang dengan sendirinya. Baca juga: Mengatasi kipas laptop panas karena virus

2. Perbaiki kualitas artikel
Oke langkah selanjutnya adalah memperbaik kualitas artikel. Jangan buat artikel murni copas, jumlah kata sedikit dan tidak punya alur. Belajarlah untuk membuat alur tulisan dari mulai pembuka, inti dan penutup. 

Ini sangat penting karena menulis memang ada ilmunya. Artikel yang berkualitas akan membuat orang senang beralma-lama di blog anda dan menurunkan bounce rate blog.

3. Buat jadwal menulis
Bagi yang kesulitan untuk konsisten menulis, maka buatlah jadwal menulis. Jika anda tiba-tiba punya ide tulisan, catatlah di dalam note karena seringkali ide muncul saat kita sedang main atau mengunjungi suatu tempat.
4. Pelajari niche blog
Lihat niche atau topik blog anda, apakah banyak saingannya atau apakah ada pasarnya atau tidak. Persaingan blog kini semakin ketat dan anda harus pintar melihat celah, mana topik blog yang banyak digemari orang saat ini dan anda bisa menuliskannya.
5. Sering banyak membaca blog lain
Coba kamu sering melihat dan membaca tulisan orang lain, karena dengan begitu pengetahuan kamu akan semakin banyak. Ingat seorang master dulunya adalah rockie juga, jadi jika anda seorang rockie maka anda harus banyak belajar untuk menaikan level menulis anda. Jika anda sudah menjadi master maka anda tetap harus belajar karena rockie-rockie lain sudah siap untuk melewati anda.

6. Pelajari tentang desain blog 
Desain blog sangat penting untuk menarik perhatian visitor. Peljarilah mengcustom blog agar responsive, tampilan easy, navigasi menarik dan fast loading. Jika anda menggunakan blogspot maka sudah pasti harus belajar coding html. 

Banyak tutorialnya di google dan anda harus trial error. Saya dulu juga begitu, sering trial error. Dari 10 percobaan mungkin satu yang berhasil, itulah prinsip matematika peluang. So keep try and try...

7. Promosi ke medsos
Nah yang terakhir anda harus pandai menggunakan medsos untuk menaikan trafik blog anda. Buatlah fanspage dan update artikel anda disana, perlahan nanti akan banyak orang yang like blog anda dan itu adalah target visitor. 

Jika pengunjung blog sudah bejubel maka terserah anda mau main CPS, afiliasi, atau mempromosikan produk sendiri maka pasti hasil maksimal akan didapat.

Baca juga: Mindset beriklan di facebook biar gak rugi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close