7 Komponen Peta Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Februari 24

7 Komponen Peta Geografi

Peta merupakan alat pendukung utama dalam ilmu geografi. Peta mengambarkan kenampakan permukaan bumi dalam bentuk dua dimensi dengan pengembangan 3 dimensi saat ini. 

Jika kamu punya Atlas di rumah tentu kamu akan mendapatkan berbagai macam simbol dalam peta tersebut bukan?.

Supaya informasi di peta dapat terbaca dengan baik oleh penggunanya, maka dibutukan kepengkapan atau komponen peta. Paling tidak dibutukan tujuh komponen peta agar dapat menyajikan informasi yang bermanfaat.

Baca juga:
Sebaran bioma tundra di bumi 
Model penentuan arah bearing dan azimuth

1. Judul Peta
Judul peta ini menggambarkan informasi yang akan disajikan di peta tersebut. Judul bisanya diletakkan di samping atua di bawah jika mengikuti standar Badan Informasi Geospasial. Judul peta ditulis dalam huruf Kapital contohnya PETA WISATA KOTA MAJALENGKA.

2. Legenda
Merupakan kolom yang menyajikan keterangan tentang simbol peta. Bagian ini sangat penting karena pembaca bisa tahu objek pada peta dengan melihat legenda peta ini.
7 Komponen Peta Geografi
Legenda Peta
3. Skala
Skala adalah perbandingan jarak sebenarnya dengan jarak di peta. Skala ini ada dua jenis yaitu skala garis dan skala nominal. 
7 Komponen Peta Geografi

4. Garis Astronomis
Merupakan garis khayal yang terdiri dari bujur dan lintang. Garis bujur digunakan untuk zona waktu sedangkan lintang untuk melihat penyebaran iklim. Baca juga: Seri reaksi bowen pada batuan

5. Garis Kontur
Merupakan garis yang menunjukkan ketinggian yang sama dalam peta. Garis kontur ini biasa digunakan dalam peta topografi atau geologi.

6. Tahun Pembuatan
Merupakan tahun terakhir pembuatan peta. Peta paling sedikit diperbaharui 5 tahun sekali.
7 Komponen Peta Geografi
Sudut Deklinasi Utara Peta
7. Deklinasi
Merupakan garis keterangan yang menunjukkan beda arah utara peta dengan utara magnetik. Sudut deklinasi direvisi 5 tahun sekali. Arah utara bumi selalu ditunjukkan di kutub utara pada peta sementara sumbu magnet bumi sebenarnya ada di dekat Greenland. Sumbu magnet bumi bergeser rata-rata 0,02 detik ke barat atau timur karena pengaruh rotasi.  

Baca juga: Perbedaan lokasi absolut dan relatif
Gambar: princeton.edu, greentrailsmaps.com, alexblock.net

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close