Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi 2017 No 28, 29, 30

- February 02, 2018
Assalamualaikum wr. wb. Halo teman-
teman sekalian gimana kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja. Langsung saja kali ini saya akan coba memberikan bahasan jawaban OSK Geografi 2017. Mudah-mudahan saya bisa membantu kalian yang sedang berjuang untuk menaklukan OSK/N Geografi. Saya akan coba bahas soal yang bertipe mudah dulu jadi mohon maaf jika tidak sesuai urutan nomor. Kali ini saya akan coba jawab OSK Geografi 2017 No 28, 29, 30

28. Manusia adalah salah satunya mahluk hidup yang dapat mengubah salah satu dari dua relung ekologis yang dimilikinya. Relung yang dapat diubah oleh manusia adalah ....
a. relung fana
b. relung fundamental
c. relung non fundamental
d. relung nyata

29. Negara di bawah ini yang masuk dalam wilayah ecozone Afrotropic adalah ....
a. Aljazair
b. Libya
c. Tunisia
d. Sudan

30. Seluruh bagian Kanada yang akan menjadi tempat IGEO 2018 termasuk dalam ecozone ....
a. Neartik
b. Paleartik
c. Neotropik
d. Nordamerik

Pembahasan
28. Jawabannya adalah relung nyata. Pengeritan relung atau niche sederhanya adalah ruang fisik yang dihuni oleh suatu organisme beserta interaksi di dalamnya. Relung dibagi dua yaitu relung dasar (fundamental) dan relung nyata (realitas). Relung fundamental adalah kumpulah sumber daya yang secara teoritis mampu digunakan oleh suatu populasi di bawah keadaan ideal (contoh kebutuhan makanan, suhu, kelembaban, tekanan dll). Relung nyata adalah kondisi yang lebih sempit yang dihuni oleh sejumlah individu yang masih mungkin mendapat pengaruh/hambatan dari spesies lain.

Jadi relung nyata masih bisa diubah manusia sementara relung fundamental seperti volume air di bumi, tekanan udara, siklus air tidak bisa dirubah. Jadi cara memahami singkatnya adalah relung dasar itu sistem ciptaan Tuhan, relung dasar itu komponen sumberdaya yang ciptaan Tuhan namun masih bisa dimodifikasi manusia dengan teknologi/perilaku.

29. Perhatikan peta di bawah ini!
Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi 2017 No 28, 29, 30
Peta ecozone dunia terbaru
Aljazair, Libiya dan Tunisa masuk kategori Paleartik sementara Sudan berada di tengah Afrika dan masuk kategori Afrotropic.

30. Wilayah Kanada semuanya masuk kategori neartic. Sudah jelas.

Mau tahu pembahasan lebih banyak lagi tentang OSK atau OSN Geografi?. Jangan lupa like blog ini ya dan tunggu pembahasan selanjutnya. Selamat belajar.
Kalau ada yang ditanyakan dan ingin request materi, silahkan di komentar saya. Selmat berjuang dan belajar menaklukan soal OSN Geografi.
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search

Banner iklan disini
Banner iklan disini