Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi 2017 Nomor 7, 8, 9

- February 02, 2018

Baca Juga

Oke, halo teman-teman sekalian kali ini saya akan coba kembali membahas jawaban soal OSK Geografi tahun 2017 nomor 7,8 dan 9. Seperti biasa di blog ini saya akan update pembahasan soal dari yang paling mudah ke yang sulit ya. Jadi mohon bersabar. Ingat prinsip belajar adalah dari yang mudah ke yang sulit.

7. Diantara kota-kota berikut, yang kemungkinan paling besar presipitasinya adalah ....
a. Montreal, Kanada
b. Riyadh, Arab Saudi
c. Madrid, Spanyol
d. Jakarta, Indonesia

8. Dampak perubahan iklim untuk 100 tahun ke depan dengan skenario kenaikan suhu sampai 1 derajat C adalah ....
a. terumbu karang rusak
b. kejadian cuaca ekstrim
c. kebanyak wilayah di dunia tidak bisa dihuni
d. beruang di kutub utara akan punah

9. Titik awal dari sebuah kegiatan pengelolaan bencana dimulai dari analisis ....
a. resiko
b. wilayah
c. kerentanan
d. bahaya

PEMBAHASAN OSN GEOGRAFI
7. Perhatikan peta di bawah ini!

Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi Nomor 7, 8, 9
Peta dunia
Kota Jakarta terletak di daerah ekuator, sementara Montreal, Riyadh dan Madrid ada di daerha subtropis hingga sedang. Menurut analisa karakter iklim maka Jakarta yang ada di daerah tropis berkemungkinan memiliki tingkat presipitasi yang tinggi dibanding kota lainnya. Selain itu pengaruh angin muson barat dan timur juga meningkatkan peluang presipitasi yang tinggi. 

8. Jika dalam 100 tahun ke depan suhu naik hingga 1 derajat maka yang akan ada adalah mencairnya es di kutub. Mencairnya es di kutub akan membuat habitat beruang kutub hilang dan akhirnya punah. Analisanya seperti itu.

9. Titik awal manajemen bencana adalah analisa tingkat kerentanan bencana. Dengan menganalisa tingkat kerentanan bencana maka nanti akan didapat peta potensi bencana di berbagai daerah dan setelah itu bisa dibuat kebijakan masing-masing. Kerentanan bencana tiap daerah beda-beda. Ada yang rentan gempa, erupsi, konflik, banjir dll. Jadi semua daerah tidak sama kerentanannya. Baca juga: Kode diskon quipper video 2018
Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search