Pengertian Garis Wallace dan Lydekker di Peta

- April 22, 2018
Kalau kamu belajar geografi khususnya tentang sebaran flora fauna pastinya kamu akan menemukan Garis Wallace dan Lydekker di peta bukan?. Apa perbedaan garis Wallace dan Lydekker itu?. Garis Wallace adalah garis khayal atau imajiner di Indonesia antara Kalimantan dan pulau timur Sulawesi. Jalur ini memiliki makna karena memisahkan dua daerah zoogeografi yang masing-masing terkait dengan Asia dan Australia. Garis Wallace dibuat oleh naturalis Inggris Alfred Russel Wallace.

Dalam penjelajahannya di Indonesia ia menemukan sebuah garis imajiner yang membagi flora fauna di Indonesia dan faunanya masih memiliki hubungan dengan flora dan fauna dari Australia dan memiliki ciri-ciri yang sangat mirip. Sementara di bagian lainnya sangat mirip dengan flora dan fauna Asia. Ia dianggap sebagai ahli terkemuka abad ke 19 dalam bidang sebaran spesies binatang dan kadangkala dikenang sebagai bapak dari Biogeografi Evolusi sebuah kajian tentang spesies apa, hidup dimana dan mengapa. Ia adalah salah seorang pemikir revolusioner pada abad ke 19 dan memberikan banyak masukan ke dalam pembangunan teori evolusi selain juga salah seorang penemu dari teori seleksi alam.

Termasuk di dalamnya adalah konsep keanekaragaman warna dalam dunia fauna dan juga efek Wallace, sebuah kesimpulan tentang bagaimana seleksi alam dapat memberikan kontribusi pada keanekaragaman fauna. Wallace (8 Januari 1823-7 Nopember 1913) dikenal sebagai seorang naturalis, penjelajah, pengembara, ahli antropologi dan biologi dari Britania Raya. Ia terkenal sebagai orang yang mengusulkan sebuah teori yaitu seleksi alam. Ia banyak melakukan penelitian lapangan, penelitian pertamanya dilakukan di Sungai Amazon pada 1846 saat ia masih berusia 23 tahun dan setelah itu ke Indonesia. 
Pengertian Garis Wallace dan Lydekker di Peta
Garis Wallace dan Lydekker di Peta

Selama 8 tahun kemudian (1854-1862) ia menjelajah berbagai wilayah nusantara. Dari penjelajahan itu ia membukukannya ke dalam sebuah catatan yang berjudul The Malay Archipelago. Selama ekspedisinya di nusantara diperkirakan ia telah menempuh jarak tidak kurang dari 22.500 km. Melakukan 60 atau 70 kali perjalanan terpisah dan mengumpulkan 125.660 spesimen fauna meliputi 8.050 spesimen burung, 7.500 spesimen kerangka dan tulang aneka satwa, 310 spesimen mamalia serta 100 spesimen reptil. Selebihnya mencapai 109.700 spesimen serangga termasuk spesies kupu-kupu yang ia sukai. Kebiasaan Wallace adalah mencatat perjalanannya dan menyelamatkannya ke Inggris melalui pos kapal-kapal dagang Eropa. Saat singgah ke Ternate antara tanggal 8 Januari - 25 Maret 1858 ketika Wallace terserang malaria ia masih memaksakan diri menulis surat dan mengirimkannya kepada ilmuwan Charles Darwin di Inggris.

Garis Lydekker adalah garis imajiner yang memisahkan daerah Wallace dengan Indonesia timur. Ia adalah seorang naturalis (ahli flora fauna, geologi, dan penulis buku ilmu pengetahuan alam yang lahir di London pada 1895. Ia menggambar garis pemisah biogeografi Australialis yang berada di bagian barat Indonesia dan Asialis yang berada di bagian timur Indonesia. 
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search