Bagaimana Jika Tidak Ada Gunung Api di Bumi?

Gunung api, siapa yang tidak kenal salah satu fenomena mengagumkan berikut ini. Di berita-berita kita sering mendengar info tentang gunung api meletus.

Tapi coba bayangkan apa jadinya bumi ini jika tidak ada gunung api?. Pertanyaan ini terlihat sepele, tapi jawabannya bisa sangat panjang, analitis dan hots pokoknya.

Gunung api adalah satu bentukkan alam yang muncul dari adanya vulkanisme atau penerobosan magma dari dalam bumi ke permukaan bumi.

Magma adalah cairan pijar panas di dalam bumi yang kental. Karena bersifat panas pastinya magma ini memiliki tekanan tinggi.

Tekanan inilah yang menyebabkan magma mengalir ke atas permukaan bumi, menerobos lapisan litosfer sehingga meletus dan menjadi gunung api.

Magma yang keluar permukaan bumi akan berinteraksi dengan udara sehingga membeku dan jadilah batuan beku. Batuan ini nantinya akan digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan hidup terutama berkaitan dengan bangunan.

Selain itu material lain seperti pasir vulkanik, energi panas bumi sekitar gunung api juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain.
Gunung api meletus
Apakah gunung api hanya memuntahkan magma saja?. Selain mengeluarkan magma, peristiwa vulkanisme juga membantu mineral-mineral berharga di dalam bumi agar bisa naik sampai permukaan bumi sehingga bisa ditambang.

Selain itu gunung api juga berfungsi sebagai wilayah tangkapan hujan sehingga daerah sekitarnya kaya mata air dan menjadi sumber kehidupan sampai wilayah hilir di perkotaan.

Semua batuan alias lapisan kerak bumi kita ini dibangun dari gunung api. Jadi pulau-pulau, daratan benua yang kita kenal saat ini adalah hasil kerja gunung api atas perintah Allah tentunya. Memang iya atas perintah Allah?. Coba aja buka ayat Quran berikut ini:

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (QS. An-Nahl;15)

Udah jelas dan shahih kan bahwa gunugn api itu diciptakan oleh Allah dengan tujuan yang jelas. Jadi saat gunung api meletus, pada dasanya Tuhan sedang mengeluarkan anugerah bagi kehidupan.

Manusia hanya diminta untuk bersabar dan mengungsi sejenak sampai erupsi berhenti. Jika erupsi terus-menerus terjadi maka kita bisa mencari daerah lain yang lebih aman atau relokasi.

Jadi intinya jika tidak ada gunung api maka tidak akan ada kehidupan di bumi ini karena semua mahluk hidup mayoritas tumbuh dan berkembang di tanah. Tanah berasal dari batuan yang melapuk sementara batuan berasal dari magma, itulah siklusnya.

Gunung api adalah paku dunia sehingga pulau-pulau atau daratan bisa tetap stabil diatas laipsan mantel bumi yang tersusun magma cair. Itulah kuasa Allah SWT.