100 Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer 2021 [Bagian 3] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Desember 8

100 Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer 2021 [Bagian 3]

Halo kawan-kawan pejuang PPPK se Indonesia, kali ini saya akan tambah lagi soal latihan pedagogik persiapan PPPK.

Biasanya soal tes keguruan pastinya akan mengkombinasikan soal keahlian pedagogik dan profesional. Pastikan untuk banyak membaca dan punya pengalaman lebih saat menangani siswa.

Soal-soal pedagogik PPPK biasanya mirip dengan soal UP PPG jadi sering-seringlah berlatih. Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan dan air mata.
Soal kompetensi pedagogik PPPK 2021
Lanjutan soal pedagogik PPPK
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.  merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.  dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.  Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   
A.  Pencapaian standar kompetensi
B.  Pencapaian kompetensi dasar.
C.  Pencapaian tujuan pembelajaran
D.  Pencapaian standar kelulusan

53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A.  Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.  Menambah bahan pelajaran baru
C.  Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut

54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.  Pedoman observasi
B.  Kuesioner
C.  Pedoman wawancara
D.  Tes hasil belajar

55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.  Buku sumber yang digunakan
B.  Kurikulum dan silabus
C.  Indikator pencapaian kompetensi
D.  Kemampuan awal siswa

56.  Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

57. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A.  Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.  Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.  Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester

58. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A.  Mean
B.  Modus
C.  Median
D. Simpangan baku

59. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.  Penilaian hasil belajar peserta didik
B.  Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.  Penilaian silabus dan RPP
D.  Penilaian standar kompetensi lulusan

60. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh

61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.  memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.  memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi

62.  Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

63. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.  Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.  Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.  Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

64.  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.  Nilai batas ambang kompetensi
B.  Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.  Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.  Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

65. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.  Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.  Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.  Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

66.  Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.  Konstruktivisme
B.  Authentic assesment
C.  Efektif
B. Transparan
C.  Bermakna
D.  Menyeluruh

67. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok. Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A.  Penilaian berkelanjutan
B.  penilaian menyeluruh
C.  penilaian acuan patokan
D.  penilaian acuan norma

68.  Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.  Penilaian berkelanjutan
b.  Penilaian autentik
c.  Penilaian acuan patokan
d.  Penilaian acuan norma

69. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A.  tujuan penilaian
B.  prinsip penilaian
C.  fungsi penilaian
D.  hasil penilaian

70.  Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.

71. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A.  objektif
B.  adil
C.  kooperatif
D. terpadu.

72.  Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.  adil
B.   objektif
C.   valid
D.   sistematis

73.  Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.  adil
B.  akuntabel
C.  valid
D.  sistematis

74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.  adil
B.  objektif
C.  valid
D.  sistematis

75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.  menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.  ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek

Kunci
51.D 52.B 53. 54.A 55.C 56.D 57.D 58.A 59.A 60.A 61.D 62.C 63.C 64.A 65.C 66.B 67.D 68.C 69.C 70.B 71.C 72.C 73.B 74.D 75.D

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close