Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 31-35 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Juli 16

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 No 31-35

Oke gan kita lanjut lagi bahas soal OSP Geografi 2019 nomor 31-35 ya supaya makin tambah lagi wawasannya. 

Topik pada soal ini terkait geografi ekonomi dan globalisasi ya guys. Pastikan juga untuk banyak baca materi di web yang kompeten.

31. Reaksi terhadap bersinerginya negara-negara Asia Pasifik ke dalam APEC maka negara-negara Eropa dan Asia membentuk ...
a. OPEC
b. ASEAN
c. NAFTA
d. AFTA
e. ASEM

Kunci
ASEM merupakan forum dialog dan kerjasama antar-kawasan Asia dan Eropa yang ditujukan untuk menciptakan kemitraan dan kemajuan Asia-Eropa, memperkuat dialog yang setara dan membangun saling pengertian kedua kawasan.


32. Akhir-akhir ini marak berkembang penggunaan teknologi digital dalam perdagangan barang dan jasa seperti Bukalapak, Grab, Gojek yang pada hakikatnya merupakan bentuk ....
a. corporation
b. subsistence economy
c. shared economy
d. free trade
e. cooperation
 
Kunci
Shared atau sharing economy itu adalah salah satu model konsumsi kolaborasi. Tujuan model ekonomi ini agar mampu memberikan akses penuh pada semua sumber daya perusahaan dan bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan bersama pengguna lain.

Jadi, tindakan sharing economy ini mampu membantu meningkatkan semangat dalam menjalankan bisnis, karena pihak pebisnis bisa melakukan berbagai tindakan efisiensi sumber daya dengan cara melakukan konsumsi secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.

Saat ini, sudah banyak sekali contoh sharing economy yang diterapkan oleh perusahaan besar, contohnya adalah perusahaan startup yang mengandalkan adanya teknologi pada smartphone, seperti aplikasi seperti Gojek, Grabbike, Airbnb, dl

33. Kota memiliki daya magnet tinggi untuk diserbu pekerja dari daerah suburban. Penduduk suburban yang bekerja di kota secara ulang-alik terklasifikasi melakukan mobilitas tipe ...
a. migrasi harian
b. sirkulasi
c. komutasi
d. urbanisasi
e. reurbanisasi
 
Kunci
Menurut  Mantra  (2012) migrasi sirkuler adalah gerak penduduk yang melintas batas  wilayah  asal  menuju  ke  wilayah  lain dengan  tidak  ada  niatan  menetap  di  daerah tujuan  walaupun  tinggal  dalam  kurun  waktu yang  lama  namun  tidak  bermaksud  untuk menetap  di  daerah  tujuan .

34. PDB dapat digunakan untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara dari waktu ke waktu. Perhatikan tabel 1 di bawah ini yang menunjukkan pertumbuhan YoY (Year on Year) PDB Indonesia selama kurun waktu 2011-2016.
Pernyataan tidak tepat terkait kondisi perekonomian Indonesia tahun 2016 adalah ...
a. pertumbuhan ekonomi membaik
b. kinerja ekspor melemah
c. konsumsi rumah tangga stabil
d. investasi melemah
e. belanja pemerintah mengalami kontraksi
 
Kunci
Sesuai data di tabel, pertumbuhan ekonomi harusnya menurun bukan membaik.

35. Merujuk pada data yang disajikan pada tabel 1, salah satu hal yang ditengarai menjadi penyebab utama perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia (<6%) sejak 2013 adalah ....
a. lemahnya kinerja ekspor
b. investasi asing berkurang
c. tingginya kinerja impor
d. belanja pemerintah terlalu tinggi
e. belanja pemerintah terlalu rendah

Kunci
Investasi berkurang karena melemahnya nilai tukar rupiah, kenaikan suku bunga acuan sehingga para investor masih gamang untuk melakukan ekspansi ke Indonesia. Hal ini memicu penurunan pertumbuhan ekonomi.

Share with your friends

4 komentar

  1. Untuk nomor 32 jawaban yang paling tepat yaitu shared economy, bisa dilihat pada penjelasan berikut.
    Sharing economy adalah suatu tindakan modernisasi dari collaborative consumption. Hal ini dilakukan agar mampu memberikan akses pada seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan bisa dikonsumsi ataupun dimanfaat bersama dengan para pengguna lainnya.

    Jadi, tindakan sharing economy ini mampu membantu meningkatkan semangat dalam menjalankan bisnis, karena pihak pebisnis bisa melakukan berbagai tindakan efisiensi sumber daya dengan cara melakukan konsumsi secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.

    Saat ini, sudah banyak sekali contoh sharing economy yang diterapkan oleh perusahaan besar, contohnya adalah perusahaan startup yang mengandalkan adanya teknologi pada smartphone, seperti aplikasi seperti Gojek, Grabbike, Airbnb, dll.

    BalasHapus
  2. Untuk soal nomor 35 menurut saya jawabannya B. Investasi asing berkurang.
    Faktor utama penyebab melemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah merosotnya laju investasi dalam negeri. Hal ini seiring dengan meningkatnya suku bunga dan melemahnya nilai tukar rupiah yang menurunkan laju pertumbuhan investasi. Selain itu, kenaikan suku bunga acuan serta kondisi perekonomian global yang masih dibayangi ketidakpastian yang tinggi turut berdampak atas melemahnya pertumbuhan investasi nasional.

    BalasHapus
  3. Untuk nomor 34 menurut saya jawabannya A, karena yang ditanyakan yang TIDAK TEPAT, maka pertumbuhan ekonomi membaik tidak menggambarkan kondisi perekonomian pada tahun 2016

    BalasHapus
  4. Maaf untuk nomor 33 bukankah jawaban yang benar adalah Migrasi Harian, di Soal dijelaskan Suburban yang bekerja di kota secara "ulang alik" Sedangkan Migrasi Harian sendiri artinya migrasi yang dilakukan dengan adanya Mobilitas "Ulang Alik"

    BalasHapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close