Ban Mobil Retak Halus Masih Layak Digunakan Dengan Syarat - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Januari 9

Ban Mobil Retak Halus Masih Layak Digunakan Dengan Syarat


Ban adalah salah satu komponen penting kendaraan terutama mobil jadi haru diperhatikan dengan baik kondisinya termasuk saat ada retak halus di permukaannya.

Kali ini saya berikan sedikit pengalaman terkait kondisi ban mobil retak halus. Setelah beberapa tahun pemakaian kita seringkali menemukan kondisi permukaan ban retak-retak di pinggir atau dinding samping. Apakah hal tersebut berbahaya terutama saat digunakan jarak jauh?.

Retak halus pada ban mobil seringkali membuat pengguna mobil tidak pede karena mengurangi estetika dan langsung saja ganti ban. Padahal secara fungsi, ban retak halus masih bisa digunakan dengan syarat tertentu.

Saya sendiri membeli mobil seken 2017 dan sekarang tahun 2022, terjadi retak halus pada ban tapi ketebalan ban masih baik. Saya kemudian menghubungi saudara saya yang punya bengkel lalu memfoto kondisi ban saya berikut.
Retak halus pada ban
Setelah saya tanya-tanya, beliau menjawab bahwa ban saya masih layak digunakan. Kondisi retak halus tersebut hanya dikarenakan faktor terutama cuaca karena mobil kebanyakan disimpan di luar, berhubung di rumah kontrakan gak ada kanopi.

Jadi saya beranikan diri mobil dipakai dari Bekasi ke Majalengka hingga Tasik dan Pangandaran saat liburan kemarin melewati jalan tol dan jalan rusak naik turun bukit. Alhamdulillah tidak ada apa-apa dan daya cengkram ban pun saat kecepatan tinggi masih baik.

Jadi memang kondisi ban retak tersebut dikarenakan faktor cuaca saja. Ban memiliki struktur yang berlapis-lapis dan ini sudah didesain oleh engineer di pabrik. Jadi indikator utama ban yang sudah mulai tipis adalah di batas indikator segitiga di dinding samping atau tanda di bagian tengah seperti pada gambar berikut.
Indikator ketebalan ban

Umur pakai ban itu bisa sampai 10 tahun lho, jadi jika dipakai wajar dan dirawat baik pastinya aman-aman saja. Kecuali memang sudah ada indikasi pernah bocor tambalan ini beda hal.

Jadi menurut berbagai info, retak pada ban bisa disebabkan faktor berikut:
1. Cuaca
Ban bermaterial karet jika terkena cuaca panas, hujan tentu akan berdampak pada fisik ban. Jika sering terkena pengaruh cuaca langsung tentu ban akan cepat retak, misal parkir di rumah tidak ada kanopi.
2. Tekanan Angin
Ketidaksesuaian tekanan angin pada ban bisa memicu munculnya retak-retak halus pada permukaan ban.
3. Muatan
Beban berat bisa memicu kelenturan ban semakin menurun dan membuat cepat retak permukaannya bahkan pecah ban.
4. Cairan Kimia
Penggunaan sampo cuci mobil yang kurang tepat bisa meruksan permukaan ban karena sifat deterjen yang panas.

Jadi pada dasarnya retak halus pada ban mobil bukan masalah serius dan masih bisa digunakan dengan catatan memang tidak terjadi kondisi fatal lain. Perlapisan ban sangat khusus dan memiliki ketebalan berlapis jadi tidak usah terlalu khawatir. 

Kecuali kalau anda memang punya uang lebih dan merasa tidak enak melihat ban retak ya sah-sah saja untuk ganti meski umur pakainya baru beberapa tahun. 
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close