Apa itu Grafik Iklim atau Klimograf? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, April 13

Apa itu Grafik Iklim atau Klimograf?

Klimograf adalah grafik yang mewakili kondisi iklim suatu lokasi tertentu dan suhu rata-rata serta curah hujan di daerah itu. Jadi klimograf itu menggambarkan kondisi klimatik wilayah seperti misalnya wilayah bioma.

Kita bisa menggambarkan kondisi fisik wilayah permukaan bumi dengan melihat fitur iklim seperti suhu dan curah hujannya dari waktu ke waktu.

Klimograf atau grafik iklim adalah grafik berbasis waktu yang menyajikan rata-rata suhu dan curah hujan pada suatu wilayah. Skala waktu biasanya dibuat dalam sumbu horizontal dengan satu tahun dibagi menjadi beberapa bulan.

Untuk curah hujan diwakili sisi sumbu vertikal dan sisi lain grafik menggambarkan kondisi suhu. Beberapa klimograf tidak bergantung pada skala vertikal yang jelas dan hanya menggunakan diagram batang dan angka untuk menunjukan curah hujan dan rentang suhu dari suatu lokasi untuk periode tertentu.

Anda mungkin berfikir bagaimana hanya dengan melihat suhu dan curah hujan, orang bisa tahu vegetasi, hewan dan gaya hidup penduduk di wilayah tersebut?.

Meskipun tidak detail namun dengan melihat kondisi cuaca dalam setahun maka sudah bisa dijadikan petunjuk mengenai kondisi fisiografis wilayah tersebut.

Kondisi cuaca dan iklim pada suatu wilayah dipengaruhi berbagai faktor seperti lintang, relief, jarak ke laut, topografi, awan dan lainnya.

Klimograf adalah suatu diagram sederhana yang dapat membantu kita menganalisis sederhana mengenai kondisi cuaca iklim suatu wilayah. Biasanya kita bisa membuat korelasi bioma dengan data klimograf ini.

Setiap bioma memiliki kondisi iklim spesifik sehingga grafik curah hujan dan suhu akan berbeda. Simak beberapa contoh klimograf bioma di bawah ini. 

Di soal OSN Geografi saat ini sudah mulai banyak grafik klimograf muncul jadi harus sering mencari grafik bioma lain di search engine.
Grafik Klimograf Bioma

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close