New Materi Silabus OSN/KSN Kebumian 2023 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, April 7

New Materi Silabus OSN/KSN Kebumian 2023


Assalamualaikum wr, wb teman-teman seluruh Indonesia yang berbahagia khususnya para pejuang OSN Kebumian. Bagi yang nyari silabus OSN Kebumian, di postingan ini akan saya bagikan dan bisa didownload nanti.

Pastinya semua anak-anak, atau guru pendamping di sekolah agak kesulitan kalau nyari silabus OSN terutama kebumian. Apakah silabus OSN Kebumian beda dengan OSN Geografi?.

Pastinya berbeda sekali ya gaes, karena kalau kebumian itu lebih khusus ilmu bumi alias fisik saja. Tidak ada kajian tentang budaya atau antroposfer pada kebumian.

Jadi memang OSN Kebumian ini biasanya saya tawarkan kepada siswa kelas IPA karena banyak topik yang hitungan terutama astronomi.

Lalu seperti apa gambaran materi silabus OSN Kebumian itu?. Ada 4 topik utama sebenarnya yang bisa dicek berikut ini:

1. Geologi-Geofisika
2. Meteorologi-Klimatologi
3. Astronomi
4. Geohidrologi-Oseanografi

Nah keempat topik ini tentunya memiliki subtopik yang sangat banyak jika nanti diturunkan lagi. Silahkan cari diktat-diktat kuliah mengenai topik-topik OSN Kebumian di atas. Jangan mengandalkan buku di sekolah atau di toko-toko buku misalnya, gak lengkap.

Materi Kebumian lebih banyak diperoleh dari materi kuliah. Saran saya adalah cari keyword di google mengenai subtopik materi kebumian, lalu cari yang model file pdf lalu download sendiri. Banyak sekali modul-modul kuliah yang diuplod di google oleh dosen atau mahasiswa.

Silahkan download silabus OSN Kebumian di bawah ini. File saya simpan di google drive. Share ke teman-teman ya, selama berjuang!.


👇👇👇👇👇

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close