Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik

- April 25, 2017
Geograf merupakan disiplin ilmu yang telah berkembang lama di bumi ini. Sejak awal mula manusia muncul di permukaan bumi, pada dasarnya mereka telah mampu menangkap fenomena melalui panca indera mereka. Namun pencatatan dan penelitian tentang fenomena tersebut mulai dilakukan terutama sejak para pelaut Eropa pergi menjelajah tempat baru di bumi ini. Catatan perjalanan itulah yang menjadi awal mulai berkembangnya geografi.

Geografi sudah mulai terbentuk sejak zaman Yunani kuno. Pada masa tersebut berbagai fenomena sering dikaitakan dengan mitologi Yunani kuno sehingga penalaran logika masih belum digunakan. Lalu siapa saja tokoh-tokoh geografi era kuno atau klasik?. Berikut ini daftarnya:

1. Amaximandaros
Ia merupakan salah satu filsuf Yunani yang mengemukakan hipotesa bahwa Bumi berbentuk silinder dan pada tahun 550 SM membuat peta bumi pertama. Menurut perhitungannya, perbandingan silinder dan garis tengah bumi menurutnya adalah 3:1. Bagian bumi yang dihuni manusia merupakan sebuah pulau yang berbentuk bulat yang muncul dari laut. Karena dalil tersebut, maka peta yang dihasilkannya berbentuk seperti jamur.
Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik
Peta dunia pertama
2. Thales
Ia mengemuakan hipotesa yang menyatakan bumi berbentuk keping silinder dan mengapung di atas air dengan separuh bola hampa di atasnya. Pendapat ini dimentahkan satu abad kemudian oleh Parminedes yang menyatakan kalau bumi ini bulat.

3. Herodotus
Ia merupakan seorang filsuf geografi dan filsafat. Ia menyatakan bahwa ada hubungan antara perkembangan manusia dengan faktor-faktor fisik yang ada di wilayah yang bersangkutan. Pada tahun 450 SM ia kemudian membuat peta dunia dan membagi bumi menjadi tiga wilayah utama yaitu: Eropa, Asia dan Libya Afrika. Peta yang ia buat sangatlah sederhana dan masih jauh dengan peta yang kita kenal saat ini. 

Terkait Bumi sebagai planet, Herodotus menyatakan bahwa bumi berbentuk bulatan yang terdiri atas dua lapis yaitu lapisan pertama adalah zat padat dengna perairan dan lapisan kedua adalah uap pada lapisan bulatan pertama yang dipengaruhi panas matahari.

4. Homerus
Ia adalah seorang penjelajah asal Yunani dan banyak menulis tentang kondisi Laut Tengah yang telah ia arungi.

5. Pitheas
Merupakan seorang geograf asal Massilia, Perancis dan menghasilkan karya berupa tulisan hasil perjalanan dari pantai Eropa ke Inggris.

6. Eratosthenes
Adalah filsuf Yunani yang mencetuskan nama geografi pertamakali dalam karya tulisnya yang berjudul "Geographia". Bukunya terdiri atas tiga jilid. Jilid pertama menjelaskan perubahan-perubahan antara daratan dan lautan serta arus laut. Jilid kedua menjelaskan benda-benda langit dan jaring-jaring astronomis. Jilid ketiga berisi uraian tentang daerah dan penduduknya. Ia berjasa dalam melakukan pengukuran terhadap jaring-jaring derajat bumi. Berdasarkan berkas rambatan sinar matahari yang jatuh ke bumi, menurut hitungannya menyatakan bahwa jarak Assuan dan Alexandria adalah 5.000 stadia atau 910 km dan keliling bumi adalah 252.000 stadia atau 45.654 km. 
Tokoh-Tokoh Geografi Kuno/Klasik
Peta dunia Eratosthenes
7. Strabo
Ia mengemukakan anggapan tentang besarnya pengaruh lingkungan setempat terhadap pengelompokkan kebudayaan dan pembagian pemerintahan. Strabo termasuk tokoh geografi yang berpaham "determinis lingkungan". Geografi berkaitan dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antara satu tempat dengan tempat lainnya di muka bumi secara keseluruhan. Konsep ini merupakan bagian awal dari istilah regional.

8. Ptolemy
Pada 150 M ia membuat sebuah peta yang menggambarkan benua Asia, Eropa dan Afrika. Ia juga merupakan orang pertama yang memperkenalkan zonasi iklim di bumi. Ada 24 wilayah iklim berdasarkan lamanya hari terpanjang dari ekuator hingga kutub. Ia juga menulis buku tentang pengetahuan bumi dan bangsa-bangsa yang ada di dalamnya dengan judul Goegrafice Hyphegesys dalam 8 bab.

Sumber: Iwan Hermawan. Geografi Sebuah Pengantar 
amusingplanet.com, atlasandboots.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search