5 Trik Menaklukan Soal UNBK, USBN Geografi - Gurugeografi.id
Loading...

5 Trik Menaklukan Soal UNBK, USBN Geografi

- 26 February
Loading...
Halo teman-teman sekalian sebangsa dan setanah air Indonesia. Kali ini saya akan coba memberikan sedikit tips nih tentang bagaimana sih menaklukan soal-soal UNBK atau USBN Geografi. Perlu diketahui sebelumnya bahwa pelajaran geografi ternyata masih menjadi pelajaran yang sulit di mata siswa-siswi Indonesia. Buktinya adalah nilai rata-rata UN nasional masih sangat jauh dari harapan. Kalau saya tidak salah nilai rata-rata masih di bawah 60. Tapi kan ada sekolah yang dapat rata-rata UN 80 ke atas?. Memang ada sekolah seperti itu namun pasti itu sekolah yang pakai sistem saringan artinya yang masuk udah siswa pinter semua, gurunya cuma diam aja siswa belajar sendiri.

Masalahnya adalah sarana dan prasarana pendidikan tidak merata di Indonesia dan kebanyakan kualitas sekolah di pelosok jauh dengan di perkotaan, ini fakta lho ya. Balik lagi ke cara menaklukan soal-soal geografi, saya hanya ingin memberikan suntikan motivasi dan kiat-kiat agar semua siswa bisa mengerjakan soal dengan baik. Ingat bahwa standar soal ujian itu relatif sama dan kita hanya perlu sedikit trik saja untuk memahaminya. Ingat bahwa "perjuangan" adalah hal wajib yang dimiliki siswa dan guru. Trik seampuh apapun tidak akan berguna tanpa perjuangan alias mustahil. Berikut ini sedikit tips dan trik menjawab soal geografi dari saya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

1. Kerjakan Soal Mudah Dulu
Hal pertama yang harus kamu pahami bahwa pembuatan soal ujian itu sudah dipatok dan didesain oleh para ahli-ahli berpengalaman alias bukan sembarang orang bikin soal. Pengalaman saya bahwa komposisi soal UNBK, USBN Geografi itu adalah 60% soal mudah, 30% soal sedang, dan 10% soal sulit. Jadi ga semua soal misal dari 50 soal, semuanya sulit. Jadi usahakan kerjakan yang mudah dulu yang 60%. Artinya apa? Soal ini berpotensi kamu jawab benar sehingga jika kamu belajar dengan baik maka bisa menjawab 60% soal ini. Contoh kasar seperti ini kalau jumlah soal 50 maka 30 soal adalah soal tipe mudah (60%). Artinya kamu benar 30 aja sudah dapat 60 kan nilainya (dikali 2)?. Sisanya baru kamu kerjakan soal yang menengah hingga sulit (HOTS). 

Lalu soal-soal apa sih yang masih kategori mudah?. Ini biasanya relatif dan tiap siswa punya pandangan masing-masing. Namun saya sendiri sebagai guru, soal geografi mudah diantaranya materi:
1. Aspek geografi
2. Siklus Air
3. Titik Henti
4. Ciri dan sebaran negara maju dan berkembang
5. Iklim Junghuhn
6. Lapisan Atmosfer
7. Dampak interaksi desa kota
8. Penentuan lokasi industri
9. Tahap perkembangan desa
10. Gerakan lempeng
11. Jenis-jenis migrasi
12. dst

Jadi tolong sebisa mungkin seringlah berlatih menjawab soal-soal level mudah dari ujian tahun-tahun sebelumnya. Maka pasti kamu akan terbiasa nanti ketika mengerjakan soal UNBK dan USBN.

2. Pahami Pola Soal
Kedua adalah kamu harus bisa memahami pola soal. Saya lihat pola soal tiap tahun tidak banyak berubah drastis kok. Maksudnya pola itu apa sih?. Gini guys, hidup kita ini sebetulnya mengikuti pola-pola tertentu dan berkesinambungan. Contohnya kamu bangun tiap hari pukul 5 pagi, mandi pukul 5, sholat 5 waktu. Itu semua adalah pola, ingat konsep geografi pola kan?. 

Sama halnya dengan soal geografi jika kamu rajin alias sering baca dan mengerjakan soal-soal geografi maka secara tidak sadar pola soal akan terekam dan terinstal di otak kamu. Kamu tidak akan kaget saat menemukan soal tertentu karena pengalaman kamu sudah biasa lihat dan mengerjakannya. Itulah yang dinamakan pola. Sesuatu yang abstrak tapi memang sering dilakukan dan yakin itu adalah benar.

3. Sering Lihat Peta dan Gambar Fenomena
Nah ingat bahwa geografi itu gambaran bumi kan?. Hampir 50% soal geografi ada gambar-gambarnya kan?. Makanya kamu harus banyak melihat gambar fenomena dan peta buta alias blank map. Nanti akan selalu ada peta sebaran hewan, vegetasi, negara atau apalah. Luangkan waktu melihat peta dan gambar-gambar. Saya sendiri prihatin karena masih banyak siswa yang gak bisa untuk sekedar buat peta Indonesia di papan tulis walaupun tidak perlu mirip2 banget (pengalaman). Artinya kecerdasan spasial anak perlu diasah dan ini kewajiban guru geografi untuk memotivasi anak. Nah coba kalau misal saya tanya gambar di bawah ini menjelaskan apa coba?
Ini peta apa ya?
4. Tulis Kata Kunci
Nah trik keempat adalah buatlah kata kunci untuk memudahkan memahami konsep-konsep tertentu. Membuat kata kunci ini seperti mind map jadi kamu nanti bisa menjabarkan lebih jelas materi lewat kata kunci ini jadi gak perlu repot-repot. Contoh nih:
1. Lokasi absolut = angka astronomis
2. Lokasi relatif = lingkungan sekitar
3. Proyeksi azimuth = kutub
4. Desa swasembada = maju
5. Desa swakarya = transisi
6. dst 

5. Buat Komunitas Belajar
Nah yang terakhir, biar kamu gak berjuang sendiri maka buatlah komunitas belajar atua gabung komunitas belajar yang terkait geografi. Ingat tidak ada manusia yang hidup dan berkembang sendiri, perlu mengingatkan satu sama lain. Cari teman kamu yang niat ingin belajar bareng dan ingin dapat nilai geografi bagus. Buat jadwal diskusi belajar bareng, as simple like that!. Ehm..nah sedikit info nih guru geografi membuat chanel youtube untuk membahas soal-soal geografi UN, USBN, OSN dll. Jadi pastikan subscribe dan bersiaplah untuk menaklukkan soal-sosl geografi. Link youtube cek disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search