News Update
Loading...

Rabu, Maret 24

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 56-60

Halo kawan-kawan kembali lagi kita akan coba bahas kunci jawaban KSK Geografi 2020 nomor 56-60. Topiknya sih masih seputar dinamika hidrosfer khususnya oseanografi.

Materi terkait oseanografi ini menurut saya lebih mudah dibandingkan meteorologi klimatologi. Jadi banyak-banyak membaca saja ya.
 
56. Peralatan yang dipergunakan untuk mengukur gelombang dan arus dengan menggunakan kaidah doppler secara otomatis adalah ...
a. currentmeter
b. hydrometer
c. echosounder
d. ADCP
e. tidak current
 
Kunci
ADCP (Acoustic Doopler Current Profile) rmerupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan 3 dimensi dalam kolom air dan profil gelombang. Cara kerja alat ini memanfaatkan pergeseran doppler dengan mentransmisikan suara pada frekuensi tetap serta mendengar gema yang kembali dari suara yang dihamburkan oleh penghambur di dalam perairan.

Disini pasti bisa terkecoh istilah currentmeter (current=arus)..tapi ada lagi alat yang spesifik menggunakan kaidah doppler (ada huruf D nya)....ADCP. He

57. Kalau kita naik perahu dari pelabuhan menuju perairan laut yang lebih dalam maka dasar laut seolah-olah nampak sangat dangkal. Fenomena tersebut merupakan aplikasi dari ....
a. hukum gravitasi bumi
b. hukum Snellius
c. hukum Archimedes
d. hukum Pascal
e. hukum Bernauli
 
Kunci
Hukum Snellius adalah rumus matematika yang memberikan hubungan antara sudut datang dan sudut bias pada cahaya atau gelombang lainnya yang melalui batas antara dua medium isotropik berbeda, seperti udara dan gelas. Nama hukum ini diambil dari matematikawan Belanda Willebrord Snellius, yang merupakan salah satu penemunya. Hukum ini juga dikenal sebagai Hukum Descartes atau Hukum Pembiasan. Ini sama juga saat kita melihat sedotan yang bengkok di gelas yang ada airnya.

Penjelasan hukum yang lain sebagai berikut, baca aja siapa tahu muncul di soal tahun ini:

Hukum Archimedes adalah hukum yang menjelaskan ahwa setiap benda yang tercelup baik keseluruhan maupun sebagian dalam fluida, maka benda tersebut akan menerima dorongan gaya ke atas (atau gaya apung). Contoh penerapah hukum Archimedes adalah pada kapal laut.

Hukum Pascal ini mendeskripsikan bahwa setiap kenaikan tekanan pada permukaan fluida, harus diteruskan ke segala arah fluida tersebut. Hukum pascal hanya dapat diterapkan pada fluida, umumnya fluida cair. Contoh penerapan hukum Pascal adalah pompa hirdrolik cuci steam mobil.

Hukum Bernoulli menjelaskan bahwa kenaikan kecepatan aliran fluida akan menyebabkan penurunan tekanan fluida secara bersamaan atau penurunan energi potensial fluida tersebut. Intinya adalah tekanan akan menurun jika kecepatan aliran fluida meningkat. Contoh penerapan hukum Bernoulli adalah perhitungan gaya angkat sayap pesawat.
 
58. Biota laut yang termasuk tumbuhan dan pergerakannya sangat tergantung media adalah ...
a. biota laut
b. reef
c. hewan karang
d. zoolakton
e. fitoplankton
 
Kunci
Biota yang gak bisa bergerak sendiri alias tergantung media (arus laut) adalah plankton. Plankton dibagi menjadi fitoplankton (tumbuhan) dan zooplankton (hewan).
59. Daerah atau zona laut yang merupakan tempat hidup terbesar dari terumbu karang adalah ...
a. neritik
b. litoral
c. abisal
d. batial
e. hadal
 
Kunci
Ini mah ada di materi dinamika hidrosfer geografi kelas 11. Zonasi laut menurut kedalaman terbagi menjadi litoral, neritik, batial, abisal dan hadal. Terumbu karang banyak hidup di zona laut dangkal yang masih banyak sinar matahari yaitu di zona neritik. Gambarnya di bawah ini. Sumber: zenius
60. Organisme yang mampu bergerak tanpa dibantu oleh agen penggerak seperti arus maupun gelombang laut disebut ...
a. bentos
b. plankton
c. nekton
d. amfibia
e. avertebrata 
 
Kunci
Di laut itu kan banyak sekali jenis-jenis biota nya dari mulai yang di dasar laut, yang di terumbu karang, yang berenang sampai yang tidak bisa berenang alias ikut arus aja, let it flow. Kelompok biota laut ini terbagi menjadi plankton, bentos dan nekton.

Nekton itu biota yang bisa berenang sendiri tanpa bantuan arus, plankton itu biota yang gak bisa berenang sendiri (dibagi menjadi zooplankton dan fitoplankton) dan bentos yaitu biota yang hidupnya di dasar perairan yang doyan main lumpur bawah laut. Udah tau kan jawabannya kan?.
Sebaran biota perairan
 

Lanjut>>>>Soal No 61-65

Baca juga: Soal Prediksi KSN Bab Geomorfologi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close