po Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 61-65 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Maret 25

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 61-65

Hayeho teman-teman gimana masih semangat kan untuk belajar kebumian?. Kali ini lanjut lagi untuk membahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 61-65.

Untuk nomor 61-65 ini topiknya masih seputar dunia oseanografi. Jangan menyerah dan tetap semangat teman-teman pejuang KSN.
 
Materi oseanografi ini banyak membahas tentang pasang laut, perubahan pantai, jenis-jenis arus, gelombang, morfologi pantai dan lainnya. 

61. Fenomena gerakan naik turunnya air laut yang disebabkan oleh adanya angin yang berhembus dinamakan gelombang laut. Gelombang laut juga disebut sebagai ....
a. pasang surut dengan periode yang panjang
b. pasang surut dengan periode sedang
c. pasang surut dengan periode pendek
d. pasang surut dengan gelombang pendek
e. pasang surut dengan tinggi pendek
 
Kunci
Gelombang adalah gerakan naik turun sebuah tubuh perairan (gak hanya laut ya), yang dinyatakan dengan naik turunnya permukaan air secara bergantian. Ada 3 unsur gelombang yang penting panjang tinggi dan periode.

Panjang gelombang adalah jarak mendatar antara dua puncak yang berurutan, tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak dan lembah, periode adalah waktu yang diperlukan oleh dua puncak yang berurutan untuk melalui sebuah titik.

Periode gelombang laut memiliki periode periode 0,2-0,9 detik (pendek), coba bandingkan dengan gelombang pasang surut karena gravitasi bulan yang bisa mencapai 12 jam lebih.
 
Periode gelombang laut

62. Pembagian pantai berdasarkan proses perubahan tinggi rendahnya muka air laut sering dikatakan sebagai pantai transgresi dan pantai regresi. Pantai regresi adalah ...
a. pantai dengan kondisi dasarnya tetap dan garis pantainya mundur
b. pantai dengan kondisi dasarnya turun dan garis pantainya mundur
c. pantai dengan kondisi dasar turun dan garis pantai seimbang
d. pantai dengan kondisi dasarnya naik dan garis pantainya mundur
e. pantai dengan kondisi dasarnya tetap tetapi garis pantainya maju
 
Kunci
Istilah transgresi dan regresi pada pantai hanya mengenai perubahan garis pantai yang maju atau mundur dari posisi awal. Kedua istilah ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan pengendapan yang terjadi di dalamnya. Transgresi dan regresi ini menghasilkan produk pengendapan. 
 
Jadi ini ilusi karena permukaan air laut kadang naik dan turun di wilayah pantai jadi garis pantai akan terlihat berubah-rubah.
 
Transgresi (Genang Laut/Landward) merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan garis pantai yang menuju (maju) ke arah daratan. Hal ini terjadi karena beberapa sebab seperti pasokan sedimen (sedimen supply) lebih kecil dari pada tempat akomodasi (accommodation space), perubahan global dan relatif sea level.

Regresi (Susut Laut/Seaward) merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan garis pantai yang menuju (mundur) ke arah lautan. Hal ini terjadi karena beberapa sebab seperti pasokan sedimen (sediment supply) lebih besar dari tempat akomodasi (accommodation space), perubahan global dan relatif sea level.
Perubahan garis pantai
63. Pada fenomena pasang surut laut, secara umum setiap bulan air laut akan mengalami pasang maksimum pada ...
a. pada saat awal dan pertengahan bulan
b. pada saat awal bulan, minggu pertama
c. pada setiap pertengahan bulan
d. pada saat minggu ketiga setiap bulan
e. pada saat minggu keempat setiap bulan
 
Kunci
Pasang air laut maksimum (terjadi) karena peristiwa astronomi gaya tarik bulan dan dalam posisi (astronomis) matahari-bumi-bulan. Itu kalau bulan baru. Kalau bulan purnama, matahari-bulan-bumi. Fenomena pasang maksimum terjai pada awal dan pertengahan bulan. Fenomena pasang maksimum disebut juga spring tide. Lihat gambar di bawah, sumber: ruangguru
Pasang maksimum laut
64. Persentase material padat yang terkandung dalam air laut disebut sebagai ...
a. kecerahan air laut
b. densitas air laut
c. salinitas air laut
d. viskositas air laut
e. material padatan tersuspensi
 
Kunci
Ini kata kuncinya seperti ini:
- salinitas = kadar garam
- viskositas = kekentalan
- densitas = kerapatan
- kecerahan = kemampuan cahaya untuk menembus lapisan air pada kedalaman tertentu.
Kalau persentase material padatan dalam air laut yang namanya material padatan tersuspensi. Dalam ilmu kimia, suspensi adalah suatu campuran fluida yang mengandung partikel padat.
 
65. Gelombang dari laut dalam yang akan menuju ke pantai tanpa melalui bangunan pantai selalu akan mengalami ....
a. proses refleksi dan refleksi gelombang
b. proses difraksi dan refleksi gelombang
c. proses shoaling dan refleksi gelombang
d. proses shoaling dan refraksi gelombang
e. proses refleksi gelombang 
 
Kunci
Gelombang yang merambat menuju tepi pantai akan mengalami beberapa proses perubahan ketinggian gelombang sebagai akibat dari proses pendangkalan (wave shoaling), refraksi, difraksi atau proses refleksi sebelum akhirnya gelombang tersebut pecah (wave breaking). Ternyata untuk urusan gelombang di pantai ini rumit juga.
Refraksi gelombang di pantai
Jika suatu muka barisan gelombang datang membentuk sudut miring terhadap tepi pantai yang mempunyai kemiringan dasar landai dengan kontur-kontur kedalaman sejajar dengan pantai, maka muka gelombang akan berubah arah dan cenderung menjadi sejajar dengan garis pantai atau mengalami proses pembiasan (refraksi). Selanjutnya arah perambatan berangsur-angsur berubah dengan berkurangnya kedalaman (shoaling), sehingga dapat diamati bahwa muka gelombang cenderung sejajar dengan kedalaman.
 
 
Promo Ebook Geografi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close