Perubahan Budaya dan Faktor Yang Memengaruhinya

- May 15, 2017
Kebudayaan pada dasarnya adalah akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari. Manusia telah berkembang sejak ia pertama kali menghuni bumi. Kebudayaan terus berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor diantaranya. Dahulu orang berkirim pesan lewat surat, kini sudah ada email. Dulu membajak sawah pakai kerbau, sekarang pakai mesin. Teknologi informasi sangat berperan besar dalam perubahan kebudayaan manusia saat ini. Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi perubahan kebudayaan:

1. Perubahan kondisi alam
Kehidupan manusia pada dasarnya karena adaptasi dengan lingkungan fisiknya. Orang yang tinggal di pegunungan tentu akan berbeda dengan yang tinggal di gurun gersang. Masyarakat di daerah pegunungan akan bermatapencaharian mayoritas petani sementara di daerah gurun pasir mungkin akan menggembala. Pakaian mereka pun akan berbeda satu sama lain. Perubahan kondisi lingkungan alam akan membuat kehidupan masyarakatnya pun berubah. Daerah pedesaan yang dulunya banyak lahan pertanian jika berubah menjadi daerah industri maka kehidupan masyarakatnya pun akan berubah. Jika sebelumnya banyak yang pergi ke sawah atau lading maka kini akan berganti arah menuju pabrik.

2. Adanya kontak dengan kelompok lain
Manusia cenderung berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Budaya yang dibawa oleh para migran ini akan mengalami kontak dengan budaya di tempat lain. Dulu masyarakat Indonesia banyak menganut agama Hindu lalu setela pedagang Arab masuk membawa dagangan budaya dan ajaran Islam maka penduduk Hindu perlahan menjadi Islam. Kebiasaan, pakaian dan makanannya pun akan mengikuti budaya dari Arab.

3. Adanya penemuan
Manusia selalu berfikir untuk menemukan hal baru dan menciptakan produk canggih setiap hari. Adanya penemuan ini akan berdampak pada perubahan gaya hidup manusia. Dulu saat saya kecil, setiap sore pasti bermain layangan di lapang. Kini sejak gadget merajalela, anak-anak lebih memilih bermain sendiri, tidak bersosialisasi dan hanya bermain handphone saja. Manusia sekarang lebih banyak bermain di dunia maya bukan dunia nyata.
Perubahan Budaya dan Faktor Yang Memengaruhinya
Layar monitor kini menjadi toko online
4. Adopsi elemen kebudayaan bangsa lain
Semua hal kini terkoneksi satu sama lain dengan internet. Orang bisa lebih cepat melihat perkembangan dunia lewat handphone atau laptop. Dengan demikian mereka bisa mencari tahu kebudayaan orang lain dan mencoba mengadopsinya. Contoh nyata adalah tata cara busana atau fashion. Zaman saya dulu terkenal celana cut bray ala Elvis sekarang dibalik menjadi bray cut. Nanti mungkin beberapa waktu ke depan jadi cut-cut.

5. Perubahan pandangan hidup karena realitas
Perubahan zaman memaksa manusia juga untuk mengikuti alur tersebut. Ini adalah realitas dan harus dilakukan jika tidak ingin terlihat primitive. Dulu kita berjualan di toko, warung atau supermarket. Kini kita bisa berjualan hanya dengan bermodal web atau toko online saja karena lebih praktis dan efisien. Manusia sudah tidak mau ribet pergi ke swalayan dan hanya dengan klik di gadget saja sudah bisa membeli barang. Berfikir realistis dan rasional adalah pola pikir yang memang harus dilakukan untuk bisa survive hidup.

Gambar: ecycle.com.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search