Mengapa Tornado Sering Terjadi di Amerika?

- September 12, 2017
Halo sahabat geografi sekalian, kali ini saya akan sedikit membahas
tentang megadisaster yang sedang melanda Amerika yaitu Badai Irma. Badai Irma meskipun namanya cantik, tapi ia adalah sebuah badai siklon raksasa yang sangat berbahaya. Badai Irma termasuk Tornado kategori 5 atau yang tertinggi levelnya. Terus, mengapa kok Amerika Serikat sering diserang tornado setiap tahun, padahal mereka kan negara canggih?. Itu gak ada kaitannya dengan kecanggihan negara bro, tapi memang kondisi fisikalnya memungkinkan tornado terjadi di Amerika. Lebih dari 1.000 tornado terjadi di Amerika setiap tahunnya.

Amerika Serikat banyak dihantam tornado karena kehadiran Pegunungan Rocky dan Teluk Meksiko. Kedua kondisi alam tersebut menciptakan tiga bahan utama yang diperlukan untuk terbentuknya tornado. Selain itu ada 3 faktor lain yang membentuk tornado yaitu, udara hangat yang lembab, udara sejuk yang kering danangin horisontal yang naik.
Mengapa Tornado Sering Terjadi di Amerika?
Hurikan Irma yang berbahaya
Selain itu karena rotasi bumi, angin hampir selalu belok ke arah barat karena efek Coriolis. Garis lintang tengah dunia yaitu antara 30 dan 50 derajat adalah lingkungan terbaik bagi sebuah badai torndao untuk berkembang. Ini adalah wilayah dimana udara dingin kutub bertemu dengan udara hangat dari khatulistiwa dan memunculkan hujan konvektif di batas pertemuannya. Selain itu udara di lintang tengah selalu berhembus dengan kecepatan berbeda dan arah berbeda pada tingkat atmosfer tertentu sehingga memfasilitasi rotasi sel tornado.

Jadi yang namanya tornado/taifun itu selalu muncul di lintang tengah ya dan gak bakal ada di khatulistiwa seperti indonesia. Tornado akan berbelok arah saat mencapai khatulistiwa karena efek Coriolis. Paling kalau di Indonesia hanya skala lokal yaitu Angin Puting Beliung. Baca juga: Bedanya siklon dan puting beliung

Tornado paling banyak menghantam wilayah timur Amerika Serikat seperti Oklahoma, Kansas dan baru-baru ini Florida. Hurikan Irma memaksa lebih dari 6 juta orang mengungsi untuk menghindari bencana besar ini. 

Lalu kenapa badai siklon di Amerika selalu pakai nama perempuan yaitu Katrina, Harvey, Irma, Moore dll. Itu sejarahnya sejak Perang Dunia II saat para tentara AS sering menggunakan nama anak/isterinya untuk kode penerbangan/kondisi cuaca saat perang. Jadi nama tornado di Amerika juga untuk mengklasifikasikan kekuatan dan jenis tornado yang berbeda. Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search