Kondisi Geografi dan Iklim Turki

- June 06, 2018
Apakah kamu suka makan kebab?. Jika iya maka tentu kamu akan tau darimana asal makanan roti ini berasal. Ya, Turki merupakan negara yang terkenal akan kebab nya yang lezat. Kita akan berikan gambaran tentang negara yang punya wilayah di Asia dan Eropa ini. Turki adalah negara republik yang berlokasi di  Eropa Tenggara dan Asia Barat Daya disepanjang Laut Hitam, Laut Aegea dan  Laut Tengah. Turki berbatasan dengan delapan negara dan juga punya ekonomi besar dan pasukan tentara yang besar. Berikut ini kondisi geografis Turki:

Baca juga:
Majalengka kota seribu telaga 
Geografi Catalonia sang pembangkang
Perbedaan ruang, tempat dan lokasi
Perbedaan lingkungan biotik dan abiotik
Jenis-jenis pencemaran lingkungan
Zonasi persebaran fauna wallace

Populasi : 77.804.122 jiwa
Ibukota : Ankara
Batas : Armenia Azerbaijan, Bulgaria, Georgia, Yunani, Iran, Irak, Suriah
Luas : 783.562 km persegi
Garis pantai : 7.200 km
Puncak tertinggi : Ararat (5.166 mdpl)
Kondisi Geografi dan Iklim Turki
Sudut Istanbul di Turki
Sejarah Turki
Turki dikenal memiliki sejarah panjang sejak masa kebudayaan kuno, bahkan Semenanjung Anatolia (dimana Turki sekarang berada) dianggap sebagai salah satu daerah tertua yang dihuni manusia di dunia. Sekitar 1200 SM pantai Anatolia dihuni oleh bangsa Yunani dan kota-kota penting seperti Miletus, Efesus, Smyrnadan Byzantium berdiri kokoh. Byzantium (sekarang Istanbul) kemudian menjadi ibukota Kekaisaran Romawi dan Bizantium.

Sejarah Turki modern diawali pada awal abad ke 20 setelah Mustada Kemal (Ataturk) mendorong lahirnya pemerintahan Republik di tahun 1923 setelah runtuhya Kekaisaran Ottoman dan perang kemerdekaan. Kekaisaran Ottoman bertahan selama 600 tahun namun runtuh selama Perang Dunia I setelah ikut bersama sekutu Jerman dan menjadi terpecah karena terbentuknya kelompok-kelompok nasionalis. Baca juga: Peradaban lembah sungai indus

Setelah menjadi republik, para pemimpin Turki mulai berkerja memodernisasi wilayah dan menyatukan berbagai fragmen yang terbentk selama perang. Ataturk mendorong berbagai reformasi politik, sosial, ekonomi dari tahun 1924 hingga 1934. Pada tahun 1960 kudeta militer terjadi dan reformasi berakhir.

Pada tanggal 23 Februari 1945, Turki bergabung dengan Perang Dunia I sebagai anggota sekut dan dan tak lama setelahnya menjadi anggota Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada tahun 1947 Amerika Sertikat mengeluarkan Doktrin Trauman setelah Uni Soviet menuntut agar mereka dapat mendirikan pangkalan militer di Selat Turki, setelah pemberontakan komunis dimulai di Yunani. Doktrin Trauman memulai periode bantuan militer dan ekonomi AS untuk Turki dan Yunani. Baca juga: Menghitung iklim schmidt ferguson

Pada tahun 1952, Turki bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan pada tahun 1974 menginvasi SIprus yang mengarah pada pembentukkan Republik Turki Siprus Utara. Pada tahun 1984, setelah dimulainya transisi pemerintah, Partai Pekerja Kurdistan yang dianggap sebagai kelompok teroris di Turki oleh beberapa organisasi internasional mulai bertindak melawan pemerintah Turki dan menyebabkan kematian ribuan orang. Hingga kini kelompok ini masik eksis. Namun sejak akhir 1980an, Turki mengalami peningkatan dalam hal ekonomi dan stabilitasi politiknya, terbukti dengan bergabungnya mereka dengan Uni Eropa dan kini terus berkembang menjadi negara yang kuat.
Kondisi Geografi dan Iklim Turki
Peta Negara Turki
Pemerintahan Turki
Saat ini pemerintahan Turki dianggap sebagai demokrasi parlementer republik. Sistem ini punya cabang eksekutif yang terdiri dari kepala negara dan kepala pemerintahan dan cabang legislatif yang terdiri dari Majelis Nasional Unikameral Turki. Turki juga punya cabang yudisial yang terdiri dari Mahkamah Konstitusi, Pengadilan Banding Tinggi, Dewan Negara, Pengadilan Pertanggungjawabwan, Pengadilan Tinggi Militer. Turki dibagi ke dalam 18 propinsi secara regional. Baca juga: Fenomena pra dan pasca vulkanisme

Ekonomi dan Tata Guna Lahan
Ekonomi Turki saat ini tumbuh dan merupakan campuran antara industri modern dan pertanian tradisional. Sektor pertanian bekisar di angka 30% di Turki. Produk pertanian utama Turki adalah tembakau, kapas, biji-bijian, zaitun, gula, hazelnut, jeruk dan peternakan. Industri utama Turki adalah tekstil, pengolahan makanan, otomotif, elektronik, pertambangan, baja, minyak, konstruksi, kayu dan kertas. Sektor pertambangan yang utama adalah batubara, kromat, tembaga dan boron.
Kondisi Geografi dan Iklim Turki
Kebab Turki yang nikmat

Kondisi Iklim dan Morfologi
Turki memiliki topografi bervariasi berupa dataran rendah, dataran pantai yang sempit dan beberapa pegunungan besar. Titik tertinggi Turki adalah Gunung Ararat yang merupakan Gunung Api Aktif di perbatasn timur. Di pegunungan ini, bahtera Nabi Nuh terdampar dan kini menjadi situs bersejarah dunia.

Kondisi iklim Turki bertipe sedang dengan musim panas yang tinggi, kering dan musim dingin yang ringan dan basah. Semakin ke pedalaman, maka kondisi cuaca semakin keras. Ibukota Turki, Ankara terletak di pedalaman dengan suhu rata-rata tertinggi di Agustus (28 derajat C) dan terendah di Januari (-6 derajat C). 

Baca juga:
11 faktor penentuan lokasi industri 
Pengertian dan ciri negara berkembang 
Kunci jawaban dan pembahasan UN Geografi
Pengertian, contoh konsep interaksi wilayah
Update terbaru kode promo quipper video SMA dan SMP

Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search

Banner iklan disini
Banner iklan disini