Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 51-60 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Maret 16

Pembahasan Kunci Soal OSN-K Geografi 2023 No 51-60


Oke gas lanjut lagi kita berikan pembahasan soal OSN K Geografi tahun 2023 no selanjutnya. Jangan lupa untuk share blog guru geografi ke teman-teman lain.

Soal OSN Geografi lebih banyak berpusat pada topik antroposentrik kekinian seperti budaya, wisata, globalisasi.

51. Kebudayaan Irlandia secara garis besar terdiri atas cerita rakyat dan mitos, literatur, musik, tari tradisional, seni, makanan, dan bahasa. Mengacu pada elemen kebudayaan menurut Cateora, Kebudayaan Irlandia tersebut yang mencerminkan perwujudan elemen estetika adalah
A. Sebuah bahasa
B. Cerita Rakyat dan Mitos
C. literatur
D. Tari tradisional
E. Makanan

Kunci
Dalam konteks elemen kebudayaan menurut Cateora, elemen kebudayaan Irlandia yang mencerminkan perwujudan elemen estetika adalah:

C. Literatur

Penjelasan:
Literatur adalah salah satu bentuk ekspresi budaya yang sering kali memperlihatkan nilai-nilai estetika, keindahan, dan ekspresi kreatif dari suatu budaya. Kebudayaan Irlandia memiliki warisan sastra yang kaya, termasuk karya sastra dalam bentuk puisi, prosa, dan drama yang telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan sastra dunia serta mencerminkan keindahan dan nilai-nilai estetika budaya Irlandia.

52. St. Patrick's Day adalah hari raya keagamaan dan budaya yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret setiap tahunnya. Hari raya ini bertujuan untuk memperingati wafatnya St. Patrick sebagai santo pelindung Irlandia. Perayaan St. Patrick dilakukan di Kota Dublin dengan melibatkan 4.200 penampil yang mempertunjukkan akrobat, marching band dan pesta kostum. Berikut ini konsep kegiatan pariwisata yang tidak dijelaskan dalam paragraf adalah ...
A. Sesuatu untuk dilakukan
B. Sesuatu untuk dilihat
C. Sesuatu untuk ditulis
D. Sesuatu untuk dibeli
E. Tidak ada jawaban yang benar

Kunci
Konsep kegiatan pariwisata yang tidak dijelaskan dalam paragraf adalah:

D. Sesuatu untuk dibeli

Penjelasan:
Paragraf hanya menyebutkan kegiatan perayaan seperti pertunjukan akrobat, marching band, dan pesta kostum yang melibatkan ribuan penampil. Tidak ada informasi tentang adanya kegiatan pembelian barang atau souvenir yang terkait dengan perayaan St. Patrick's Day. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah opsi D. Sesuatu untuk dibeli.

Ada 3 syarat pengembangan daerah wisata yaitu:
1. Something to see = ada sesuatu yang dapat dilihat.
2. Something to do = ada sesuatu yang dapat dilakukan.
3. Something to buy = ada sesuatu yang dapat dibeli.

53. Keberhasilan Indonesia dalam Presidensı G20 membuat Indonesia dipercaya lagi untuk memimpin Keketuaan ASEAN 2023. Berikut ini topik topik utama yang akan dibahas dalam KTT ASEAN 2023, kecuali ...
A. Implementasi kerangka kerja Base Erosion and Profit Shifting (BEPS)
B. Situasi ekonomi pasca Pandemi Covid-19
C. Penyelesaian konflik internal Myanmar
D. Pembentukan CoC untuk pihak-pihak yang bersengketa di Laut Tiongkok Selatan 
E. Transforması ekonomi digital yang inklusif dan partisipatif

Kunci
Topik utama yang akan dibahas dalam KTT ASEAN 2023 adalah:

A. Implementasi kerangka kerja Base Erosion and Profit Shifting (BEPS)

Penjelasan:
KTT ASEAN umumnya membahas berbagai isu yang relevan dengan kerjasama regional di Asia Tenggara. Isu seperti situasi ekonomi pasca pandemi COVID-19, penyelesaian konflik internal Myanmar, pembentukan CoC untuk pihak-pihak yang bersengketa di Laut Tiongkok Selatan, dan transformasi ekonomi digital yang inklusif dan partisipatif mungkin akan menjadi topik utama dalam KTT ASEAN 2023. Namun, implementasi kerangka kerja Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) biasanya merupakan isu yang lebih terkait dengan kerjasama fiskal global dan dapat menjadi topik yang lebih relevan dalam forum internasional seperti G20 atau OECD daripada dalam forum ASEAN. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah opsi A.

54. Piramida penduduk menggambarkan komposisi jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Negara dengan contoh piramida penduduk tersebut adalah....

A Indonesia, Belanda, dan Kamboja
B. Thailand, Jerman, dan Australia
C. Malaysia, Prancis dan Selandia Baru
D. Belanda, Jerman, dan Inggris
E. Vietnam, Brazil dan Meksiko

Kunci
Jenis piramida pada gambar lebih mengarah ke populasi seimbang dari penduduk usia muda hingga dewasa (tua). Lihat nominal jumlah penduduknya dari bawah hingga atas (usia dewasa). Patokannya disana. Jadi possible ke Belanda, Jerman, Inggris.

55. Kapasitas menghadapi bencana merupakan antitesis dari kerentanan. Kemampuan masyarakat dalam mengorganisasikan tindakan pencegahan ataupun perbaikan saat terjadi bencana termasuk dalam aspek kapasitas ...
A. Fisik
B. Sosial
C. Pengabdian
D. Kelembagaan
E. Ekonomi

Kunci
Kemampuan masyarakat dalam mengorganisasikan tindakan pencegahan ataupun perbaikan saat terjadi bencana termasuk dalam aspek kapasitas:

D. Kelembagaan

Penjelasan:
Kapasitas kelembagaan merujuk pada kemampuan struktur dan institusi yang ada dalam masyarakat untuk merespons dan mengatasi bencana. Ini termasuk kemampuan lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah, serta organisasi masyarakat lokal dalam merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan tindakan pencegahan, mitigasi, tanggap darurat, dan pemulihan pasca-bencana. Oleh karena itu, kemampuan masyarakat dalam mengorganisasikan tindakan tersebut tergolong dalam aspek kapasitas kelembagaan.

56. Pertumbuhan penduduk suatu negara merupakan produk dari rangkaian proses yang melibatkan multi komponen. Contoh nilai-nilai budaya yang cenderung pro-natalis yaitu...
A. Pernikahan usia dini
B. Wajib Belajar 12 tahun
C. Peningkatan status sosial perempuan
D. Tak bias gender
E. Gerakan Keluarga Berencana

Kunci
Pro natalis artinya meningkatkan angka kelahiran. Salah satu budaya yang ada sejak jaman nenek moyang dan berlangsung sampai saat ini bahkan menjadi hukum adat yang dilegalkan yaitu pernikahan dini. Hal ini tentu akan menambah populasi manusia lebih cepat.

57. Perkembangan Bali sebagai destinasi wisata dapat digambarkan oleh berbagai teori, salah satunya adalah Doxey Irritation Index atau Irridex. Belakangan ini warga Bali yang tinggal di sekitar daerah wisata mengeluhkan perilaku turis asal Rusia dan Ukraina. Keluhan yang muncul termasuk tentang pelanggaran peraturan lalu lintas, menggunakan visa wisata untuk bekerja, dan pelanggaran lainnya. Kejadian tersebut disampaikan di media sosial dalam bentuk tulisan, foto maupun video. Selain itu terdapat beberapa akun yang aktif mengunggah laporan dari warga terkait pelanggaran turis asing. Berdasarkan deskripsi tersebut, tahapan dalam Irridex yang sesuai adalah
A. Irritation
B. Apathy
C. Euphoria
D. Decline
E. Antagonizm

Kunci
Indeks Iritasi Doxey merupakan sebuah teori yang membahas tentang perubahan sikap penduduk terhadap kehadiran wisatawan dan pengembangan pariwisata.

eori ini dapat dipergunakan untuk mengukur dampak sosial yang ditimbulkan atas hubungan yang terjadi antara masyarakat lokal dan wisatawan, adapun tahapan dari model “Irridex” (Irritation Index) Doxey, yaitu :

1. Tingkat euphoria (perasaan bangga rohani dan jasmani), dimana pada awal perkembangannya wisatawan disambut gembira dan pariwisata dianggap sebagai pembawa manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal. Wisatawan juga dipandang tertarik dan menghargai adat-istiadat, gaya hidup, dan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal.

2. Tingkat apathy (sikap acuh tak acuh), dimana dalam tahapan ini volume kunjungan wisatawan bertambah dan pariwisata tersebut tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang baru, malainkan sesuatu yang biasa saja. Wisatawan tidak lagi menggunakan bahasa masyarakat lokal dan hubungan yang terjadi lebih formal atau lebih bersifat hubungan dagang bukan hubungan pribadi. Sikap masyarakat lokal menjadi lebih apatis terhadap pariwisata.

3. Tingkat annoyance (sikap terganggu/ terusik), dimana dalam tahapan ini jika pengembangan pariwisata tetap berlanjut, berbagai permasalahan bermunculan mulai dari kemacetan, susahnya memperoleh tempat parkir dan bertambahnya kepadatan. Masyarakat lokal merasa bahwa mereka mengalami marginalisasi dengan keterlibatannya dalam pariwisata

4. Tingkat antagonism/xenophobia (rasa benci/ pertentangan), apabila pariwisata dan berbagai fasilitas dianggap sebagai penyebab berbagai permasalahan yang menimpa masyarakat lokal, baik masalah sosial, maupun ekonomi. Pada tahapan ini kegiatan pariwisata mengalami kemandegan dan telah melampaui daya dukung.

Jadi jawabannya antagonism.

58. Pariwisata MICE (Meeting. Incentives, Convention, and Exhibition) adalah salah satu jenis pariwisata yang dilakukan oleh wisatawan dalam rangka bisnis MICE memiliki berbagai manfaat sehingga menarik untuk dikembangkan oleh kota-kota di dunia. Berikut ini adalah manfaat mengembangkan pariwisata MICE, kecuali...
A. Pengeluaran wisatawan yang lebih besar dari rata-rata wisatawan
B. Kegiatan MICE tidak selalu dilakukan pada peak season
C. Membutuhkan atraksi wisata tertentu
D. Skala kegiatan yang besar
E. Aktivitas yang sudah terencana jauh-jauh hari

Kunci
Bisnis MICE merupakan industri baru dengan perkembangan yang cepat. MICE berkembang di Eropa dan Amerika Utara dan saat ini menjadi industri internasional yang ditandai dengan investasi lintas benua. MICE sebagai industri baru, tidak memerlukan komponen seperti industri yang telah mapan
lainnya. Hampir keseluruhan bisnis MICE menggunakan infrastruktur pariwisata, seperti bandara, akomodasi, destinasi sehingga dapat dikatakan bahwa MICE merupakan bagian dari industri pariwisata. MICE merupakan kegiatan yang berkarakteristik padat karya. MICE memberikan kontribusi baik dari sisi penyediaan tenaga kerja maupun dalam memberikan devisa bagi negara.

MICE tidak membutuhkan atraksi wisata khusus karena pada prinsipnya yang utama adalah kegiatan konvensi atau pameran. 

59. Open field system merupakan sistem pertanian era medieval yang dipraktikan oleh kerajaan kerajaan di Eropa pada masa itu. Sistem ini dicirikan oleh pembagian petak petak lahan milik tuan tanah untuk digarap oleh para petani Petak-petak lahan antar petani tidak diberikan pembatas secara fisik sehingga antar lahan pertanian menjadi "terbuka. Pertanian dengan sistem demikian tentu memiliki kelemahan, yaitu...
A. Interaksi antar petani lemah
B. Produktivitas tinggi
C. Mobilitas petani antar tinggi
D.Cenderung monokultur
E. Penyebaran hama mudah

Kunci
Jika lahan pertanian terbuka tanpa batas maka kelemahannya adalah penyebaran hama akan cepat terjadi dengan mudah dari satu lahan ke lahan lain.

60. Tenaga kerja merupakan salah satu elemen modal pembangunan Jumlah tenaga kerja yang banyak belum tentu menjadi modal pembangunan karena hal tersebut masih sangat tergantung pada ....
A. Ketersediaan lapangan kerja
B. Transisi jenis dan pola pekerjaan
C. Definisi dan lingkup indikator pekerjaan
D. Keunggulan kualitas tenaga kerja
E. Penentuan upah minimum regional

Kunci
Tenaga kerja membutuhkan kualitas atau skill yang tinggi untuk mendukung pembangunan. Negara berpopulasi besar belum tentu menjadi negara maju jika sumber daya manusia di dalamnya tidak memiliki skill dan pengetahuan yang unggul. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close