Rangkuman IPS Kelas 7 Bab Ruang dan Interaksi Antarruang - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 20

Rangkuman IPS Kelas 7 Bab Ruang dan Interaksi Antarruang

Manusia hidup di ruang yang disebut dengan planet Bumi bersama mahluk hidup lainnya. Setiap ruang permukaan bumi punya karakteristik masing-masing.

Jika kamu pergi ke pegunungan tentu akan berbeda suasananya saat pergi ke pantai bukan?. Nah ruang juga tidak statis alias berinteraksi satu sama lain. Berikut ini contoh rangkuman bab ruang dan interaksinya.

1. Ruang permukaan bumi tersusun atas daratan, perairan dan udara. Ruang mencakup lapisan tanah dan batuan sampai lapisan tertentu yang menjadi sumber daya kehidupan.

2. Interaksi ruang dapat berupa pergerakan manusia, barang, jasa, informasi, ide dan lainnya dari daerah asal menuju daerah tujuan.

3. Faktor terbentuknya interaksi ruang adalah wilayah yang saling melengkapi (complementarity), kesempatan intervensi (intervening oppportunity) dan kemudahan transfer (transfer ability).

4. Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bentuk datar dan diperkecil menurut skala tertentu.

5. Indonesia terletak pada 6⁰ LU - 11⁰ LS dan 95⁰ BT - 141⁰ BT sehingga berada pada wilayah beriklim tropis.

6. Lokasi geografis Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia serta dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia.

7. Ciri iklim tropis Indonesia antara lain intensitas penyinaran tinggi, curah hujan relatif tinggi, kelembaban tinggi, amplitudo suhu harian rendah.

8. Angin muson barat membawa musim penghujan di Indonesia sementara angin muson timur membawa musim kemarau di Indonesia.

9. Bentuk ruang permukaan bumi Indonesia terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, gunung api, pegunungan lipatan.

10. Faktor dinamika penduduk adalah kelahiran, kematian dan migrasi.

11. Kondisi kependudukan Indonesia dapat dilihat secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif jumlah penduduk Indonesia tinggi dan sebarannya tidak merata. Secara kualitatif penduduk Indonesia masih di bawah standar dunia dalam hal pendidikan, kesehatan dan pendapatan.

12. Penduduk Indonesia mayoritas bergerak di bidang primer atau agraris. Pertanian di Indonesia terbagi menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering.

13. Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, etnis, budaya yang tinggi di dunia. Ras dominan di Indonesia adalah Mongoloid dan Melanesia.

14. Secara geologi, Indonesia berada di zona batas lempeng aktif yaitu Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

15. Dampak lokasi geologi Indonesia adalah kaya akan sumber bahan galian, tanah subur dan banyak gunung api. Dampak negatifnya Indonesia rawan bencana erupsi, longsor, tsunami.

16. Indonesia memiliki 3 zonasi fauna yaitu Asiatis, Peralihan dan Australis.

17. Indonesia berada pada zona segitiga terumbu karang dunia. Terumbu karang berasal dari hewan polip yang hidup di dsaar laut dangkal dengan sinar matahari melimpah.

18. Interaksi antarruang jika dikelola maksimal akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jangan lupa cek juga latihan soal ulangan bab ruang dan interaksi antarruang di chanel youtube guru geografi di bawah ini!.

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang